Selasa, 21 Januari 2020

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Jeruk lemon diperkaya vitamin C, serat dan senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai nutrisi tersebut menjadikan jeruk lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sudah banyak sekali penelitian yang menunjukkan manfaat jeruk lemon untuk kesehatan. Khususnya untuk menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan dan mengontrol berat badan.

Nah berikut ini akan dirangkum apa saja manfaat jeruk lemon untuk kesehatan.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

  • Mengatasi kadar kolesterol tinggi
Menurut salah satu penelitian, mengonsumsi 24 gram ekstrak serat sitrus setiap hari selama 1 bulan dapat menurunkan kadar total kolesterol darah. Selain itu, senyawa tanaman yang ada di lemon yaitu hesperidin dan diosmin juga berfungsi menurunkan kolesterol.



Jika kolesterol sudah teratasi, maka Anda pun bisa terhindar dari penyakit jantung. Seperti yang Anda ketahui, kolesterol tinggi adalah faktor utama penyakit jantung.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah berwarna kuning ini kaya akan vitamin C dan flavonoid. Flavonoid adalah salah satu antioksidan yang bisa melindungi tubuh kita dari berbagai bahaya radikal bebas. Kandungan nutrisi yang ada pada lemon juga terlihat berpotensi bersifat antikanker. Tapi data ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

  • Menghilangkan ketombe
Campur 1 gelas air dengan 1 sendok teh lemon untuk menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala. Usapkan campuran tersebut ke kulit kepala. Biarkan selama 2 menit dan cuci sampai bersih.

  • Menjaga kesehatan jantung
Vitamin C pada lemon sangat tinggi. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dipercaya bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa minum lemon secara rutin ditambah olahraga teratur bisa membantu mencegah hipertensi dan kolesterol tinggi.

  • Membantu penyerapan zat besi
Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, cobalah untuk menambahkan perasan jeruk lemon. Dengan demikian, zat besi di dalam makanan tersebut bisa lebih mudah terserap oleh tubuh. Zat besi sangat penting kesehatan tubuh, karena jika sampai kekurangan zat besi, tubuh akan mengalami anemia dan sangat buruk untuk kesehatan.

  • Menangkat sel kulit mati
Campuran perasan lemon dan gula efektif mengangkat sel kulit mati pada tubuh dan kulit wajah. Tips mudah yang satu ini bisa Anda terapkan di rumah.

  • Meminimalkan resiko stroke iskemik
Menurut penelitian, mengkonsumsi buah sitrus seperti jeruk lemon mampu menurunkan kemungkinan terkena penyakit stroke iskemik. Meski belum diketahui apa alasan pastinya, tak ada salahnya jika memasukkan lemon ke dalam menu makanan Anda.

  • Mencegah batu ginjal
Minum 1/2 cangkir jus lemon setiap hari dipercaya dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Semua ini berkat kandungan asam sitrat yang ada di dalam lemon yang bisa mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine. Tapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat lemon untuk pencegahan batu ginjal ini.

Nah itulah manfaat lemon untuk kesehatan. Konsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan. Anda dapat menuai manfaat lemon secara optimal tanpa memunculkan gangguan kesehatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar